Sabtu, 26 Januari 2013

INSTRUMEN PENILAIAN




INSTRUMEN PENILIAN

Setelah siswa mengikuti proses pembelajaran, siswa akan ditagih untuk menunjukkan kompeten- sinya. Tagihan dapat dilakukan dengan dua bentuk, yaitu  tes dan non tes. Tes dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu tes tertulis dan tes lisan. Untuk melakukan tes, yang harus disiapkan oleh guru adalah soal tes.
Beberapa tagihan non tes dapat di minta dari siswa, misalnya makalah, presentasi, unjuk kerja, observasi kegiatan praktikum, laporan praktikum, rencana eksperimen, sikap, minat  dan lain-lain. Untuk memberikan nilai pada tagihan-tagihan ini harus disiapkan intrumen berupa lembar penilaian. Pada lembar penilaian beberapa aspek yang menjadi dasar penilaian sudah direncanakan dengan matang dan sebaiknya diinformasikan terlebih dahulu kepada siswa.
Kriteria penilaian yang disusun akan membantu guru dalam pengambilan nilai sehingga objektivitas penilaian tetap terjaga. Bagi siswa, informasi ini dapat membantu untuk mempersiapkan tagihan agar sesuai dengan harapan guru. Dengan demikian diharapkan perolehan nilai siswa akan semakin baik.
Beberapa contoh instrumen penilaian non tes adalah sebagai berikut:


  INTRUMEN PENILAIAN MAKALAH 

Standar Kompetensi      :
Kompetensi Dasar         :
Indikator                        :
Aspek penilaian             : PPK / Kognitif
Tanggal Penilaian           :

No
Nama siswa
Kriteria /Aspek
Skor

Nilai
1
2
3
3
5
6
1.









2.









3.









4.









5.









6.









7.









8.









9.









10.









11.









12.









13.









14.









15.









16.









17.









18.









19.









20.









21.









22.









23.









24.









25.









26.









27.









28.









29.









30.









31.









32.









33.









34.









35.










Kriteria:
1.       Kesesuaian judul dengan tema
2.       Kesesuaian rumusan masalah dengan tem
3.        Ketepatan pembahasan masalah
4.       Kedalaman materi pembahasan masalah
5.       Ketepatan pengambilan kesimpulan
6.       Sumber informasi yang diacu

1 komentar: