Setelah siswa
mengikuti proses pembelajaran, siswa akan ditagih untuk menunjukkan kompeten-
sinya. Tagihan dapat dilakukan dengan dua bentuk, yaitu tes dan non tes. Tes dapat dilakukan dengan dua
cara, yaitu tes tertulis dan tes lisan. Untuk melakukan tes, yang harus
disiapkan oleh guru adalah soal tes.
Beberapa
tagihan non tes dapat di minta dari siswa, misalnya makalah, presentasi, unjuk
kerja, observasi kegiatan praktikum, laporan praktikum, rencana eksperimen,
sikap, minat dan lain-lain. Untuk
memberikan nilai pada tagihan-tagihan ini harus disiapkan intrumen berupa
lembar penilaian. Pada lembar penilaian beberapa aspek yang menjadi dasar
penilaian sudah direncanakan dengan matang dan sebaiknya diinformasikan
terlebih dahulu kepada siswa.
Kriteria
penilaian yang disusun akan membantu guru dalam pengambilan nilai sehingga objektivitas
penilaian tetap terjaga. Bagi siswa, informasi ini dapat membantu untuk
mempersiapkan tagihan agar sesuai dengan harapan guru. Dengan demikian diharapkan
perolehan nilai siswa akan semakin baik.
Beberapa
contoh instrumen penilaian non tes adalah sebagai berikut:
Standar
Kompetensi :
Kompetensi
Dasar :
Indikator :
Aspek
penilaian : PPK /
Kognitif
Tanggal
Penilaian :
No
|
Nama
siswa
|
Kriteria
/Aspek
|
Skor
|
Nilai
|
|||||
1
|
2
|
3
|
3
|
5
|
6
|
||||
1.
|
|||||||||
2.
|
|||||||||
3.
|
|||||||||
4.
|
|||||||||
5.
|
|||||||||
6.
|
|||||||||
7.
|
|||||||||
8.
|
|||||||||
9.
|
|||||||||
10.
|
|||||||||
11.
|
|||||||||
12.
|
|||||||||
13.
|
|||||||||
14.
|
|||||||||
15.
|
|||||||||
16.
|
|||||||||
17.
|
|||||||||
18.
|
|||||||||
19.
|
|||||||||
20.
|
|||||||||
21.
|
|||||||||
22.
|
|||||||||
23.
|
|||||||||
24.
|
|||||||||
25.
|
|||||||||
26.
|
|||||||||
27.
|
|||||||||
28.
|
|||||||||
29.
|
|||||||||
30.
|
|||||||||
31.
|
|||||||||
32.
|
|||||||||
33.
|
|||||||||
34.
|
|||||||||
35.
|
Kriteria:
1.
Kesesuaian judul dengan tema
2. Kesesuaian rumusan masalah dengan tem
3. Ketepatan pembahasan masalah
3. Ketepatan pembahasan masalah
4.
Kedalaman materi pembahasan masalah
5.
Ketepatan pengambilan kesimpulan
6.
Sumber informasi yang diacu
Ini satu diantara contoh instrumen penilaian siswa
BalasHapus